"Menjaga kerahasian termasuk dalam arti, tidak membaca / tidak membuka
email tersebut tanpa sepengetahuan si pemilik account."
Kayaknya bukan itu deh... itu namanya menjaga privasi seseorang.
Kalau menjaga kerahasiaan, artinya saya diberitahu oleh dia tentang rahasia,
dan saya jaga rahasia dia, nggak sebarin ke orang lain.
Kalau Cuma berpegang pada etika, yaaa orang itu 'cuma' harus ditegur dan
diingatkan. Sangsinya hanya sangsi sosial (kalau anak kecil paling takut
dijauhin temen-temennya)
Kalau dengan etika tidak bisa mencegah, bikin saja peraturan yang tegas
memberi sangsi / hukuman.
Semua karyawan harus mengikuti aturan itu, kalau nggak mau ikut aturan yaaa
keluar aja dari kantor.
Tapi kembali lagi ke peraturan perusahaan. Kalau privasi nya adalah
benar-benar personal, mungkin nggak diatur oleh perusahaan. Perusahaan nggak
mau tau tentang pembicaraan yang dilakukan menggunakan HP pribadi saya, tapi
perusahaan berhak 'nguping' pembicaraan yang digunakan melalui telepon
perusahaan. Ada juga perusahaan yang memantau semua lalu lintas komunikasi
via internet, jadi email, chat, browsing, semua dipantau dan karyawan tidak
berhak menutup-nutupi. Kalau begitu kasusnya yaaa jangan chatting masalah
personal di kantor atau pakai fasilitas kantor.
Kalau teman anda itu memang jail, yaa diingatkan saja. Kalau diingatkan
nggak mempan, laporkan saja ke boss. Bilang. kalau teman saja dijailin,
apalagi data-data boss, atau data rahasia perusahaan, pasti dia iseng juga.
1 komentar:
wah elegan juga ni blog .
keren .
Posting Komentar